Ini Faktor Utama Penentu Penilaian Juri Radar Malang Awards 2019 – Radar Malang Online

salah satu tim juri mengamati proses pembuatan makanan salah satu nominator Radar Malang Award kategori kuliner

KOTA MALANG – Sanitasi atau kebersihan diakui para juri menjadi poin penting penilaian kategori kuliner dalam ajang Radar Malang Awards 2019 kali ini. Juri mengingatkan peserta yang masuk nominasi agar memperhatikan kebersihan dalam proses penjualan sehari-hari.

“Kebersihan itu tetap jadi poin penting nomor satu, karena berkaitan dengan tubuh, jadi percuma kan kalau misal makannya enak tapi prosesnya dan kebersihannya buruk malah membuat kita sakit,” kata Chef Swiza Aqsharayaz, salah satu chef yang tergabung dalam tim juri 4 dalam penjurian, Sabtu, (9/2) lalu.

Nantinya, advice yang diberikan para juri juga bisa diterapkan dalam proses pengembangan rumah makan ataupun penyedia jasa kuliner. Pria yang juga punya usaha jasa Katering dan Cafe ini sering mengingatkan para vendor untuk sangat memperhatikan betul sanitasi saat penjurian.

Chef dari tim juri lain, Pamungkas Suparno, Executive Chef dari eL Hotel Kartika Wijaya Batu mengiyakan perkataan Swiza. “Apapun yang tidak higienis kan tidak bagus untuk tubuh, jadi kalau dari sisi juri, nomor satu yang akan sangat jadi poin penting penilaian adalah kebersihan,” paparnya.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Indonesian Chef Association (ICA) Badan Pengurus Cabang (BPC) Malang Raya ini turut memuji event Radar Malang Awards 2019 kali ini. Dia menyebut lewat event ini para peserta akan berlomba-lomba untuk unjuk kualitas, termasuk rasa, pelayanan, hingga tempat.

“Yang lebih utama juga terutama kepuasan pelanggan, mempermudah konsumen dengan pelayanan yang cepat juga akan jadi poin plus penilaian, konsumen juga bakal lebih mudah menikmati,” tandas Pamungkas.

Mengenai street food ataupun makanan take away, para chef setuju jika pengemasan yang menarik juga bakal dinilai lebih oleh juri.

“Produknya punya unggulan atau enggak dari produk lain, tapi tetap di samping itu kebersihan jadi poin nomor satu paling penting,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia